Senin, 23 Juli 2012

Lasuang Baiduang ( Sebagai Alat Peringatan )

Lasuang mungkin kata-kata ini tidak asing bagi orang Minangkabau dimana memiliki fungsi sebagai pengolah dari padi atau gabah menjadi beras. Dan tidak berbeda jauh dengan daerah lain, dimana lasuang biasa dipanggil diMinangkabau kalau didaerah lain dipanggil dengan sebutan lesung dan memiliki fungsi yang sama. Yaitu untuk pengolahan padi atau gabah menjadi butiran beras. 

Tetapi lain halnya dengan diSumatera Barat, Lasuang atau Lesung memiliki sejarah dan cerita mistis, Diantarnya Lasuang Ba Iduang. 


                                        
                                             (Lasuang Baiduang)

Lasuang atau Lesung diSumatera Barat (Minangkabau) bisa dibilang memiliki fungsi ganda, diantaranya : Sebagai penumbuk padi dan yang dipercaya Sebagai Alat Peringatan (alat pemberitahu) dari makhluk yang dibilang sebagai makhluk "astral" (makhluk gaib). Menurut narasumber Etek Yan ( keluarga kaum lasuang baiduang ). diceritakan, apabila salah satu anggota keluarga kaum Lasuang Baiduang terjadi sesuatu, seperti sakit dan meninggal dunia baik dirantau maupun dikampung. maka Lasuang Baiduang akan mengeluarkan bunyi berupa "gaungan" disekitar lasuang yang notabenenya berada didepan rumah Etek Yan. 

Lokasi : Kota Solok (Sumatera Barat) Kecamatan Lubuk Sikarah, Kelurahan K.T.K 
            (Kampai, tabu, karambia). Dikampuang Karambia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar