Kamis, 19 Juni 2014

Balaho - Tradisi Adat Saoklaweh Kabupaten Solok (Sumbar)

Sumatera Barat, Negeri yang terletak di jajaran di garis pantai barat Sumatera dan terkenal akan Keragaman Budaya, Adat Istiadat yang kental, Makanan yang terkenal sampai ke Luar Negeri, serta keelokan Alam yang beragam mulai dari Bukit, Gunung, Pantai dan deretan Pulau yang mungkin semua sudah mengetahuinya.

Sumatera Barat

Balaho, mungkin baru pertama kali mendengar kata ini menjadi pertanyaan besar bagi penulis atau mungkin bagi pembaca yang membaca artikel ini. kenapa?? karena ini adalah sebuah kebiasaan atau adat istiadat dari sebuah daerah yang berada di Kabupaten Solok Sumatera Barat yaitu Saoklaweh. Yaa, Balaho adalah satu kegiatan yang dilakukan oleh kaum (suku) yang ada di Saoklaweh menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan atau satu bulan menjelang Bulan Ramadhan, dan biasanya kegiatan balaho dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama kaum (suku) masing-masing dan tetua kaum yang ada dalam kaum, kapan dan hari apa Balaho akan dilakukan. kegiatan Balaho meliputi, Melantunkan/Membaca Ayat suci Al-Quran dan Bershalawat Nabi, membersihkan kuburan kaum (suku), Mando'a (berdo'a bersama-sama di kuburan) inti dari kegiatan Balaho adalah Ziarah kubur, dan acara puncak makan bersama-sama di kuburan dengan kaum (suku) masing-masing di kuburan kaum. disitu kita bisa melihat kekompakan dan kebersamaan yang terjalin antar satu kaum (suku) dan satu keluarga. 

*Balaho

*mengumpulkan sedekah untuk urang siak (ahli agama)

*Janang membagikan makanan

*membersihkan kuburan

ande-ande *istilah minang
Dalam kegiatan Balaho peran "pasumandan" sangat penting, "pasumandan" adalah istri (dalam istilah minang "bini") dari saudara laki-laki di dalam kaum (suku), karena dalam kegiatan ini "pasumandan" membawa makanan berupa, Apik Ayam (ayam bakar), Onde-onde, Kue Gadang (kue bolu), untuk kegiatan Balaho. 

*ande-ande membagikan makanan yang dibawa oleh "pasumandan"

*jenis dan ragam makanan yang dibawa "pasumandan"
*ande-ande pulang kerumah masing-masing


Itu lah MinangKabau, Negeri yang terkenal dengan kekentalan Adat Istiadat, keragaman Budaya dan kebersamaan yang masih kental. :)

 *Note : - Janang = Orang yang membagi makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar