Minggu, 15 Juni 2014

Kunang-kunang

Kunang-kunang atau bahasa latinnya "Photuris lucicrescensadalah salah satu serangga yang bisa mengeluarkan cahaya pada bagian ekornya dan terlihat sangat indah ketika terbang lamban diudara, seolah membuat lukisan. siapa yang nggak tau dengan kunang-kunang, gue ingat waktu jaman-jaman gue SD apalagi pas bulan puasa. kita kan suka kelayapan malam hari nyambi main lilin, main kembang api, main petasan bareng teman satu komplek, lari-lari, ya gitu lah kenangan masa kecil yang mungkin nggak akan pernah dilupakan. 

*ilustrasi

Zaman-zamannya gue SD, waktu itu ntah itu sifatnya memperbodoh ntah apalah namanya kami sempat takut dengan yang namanya "kunang-kunang" kenapa? karena, setiap ada kunang-kunang pasti ada sugesti dari beberapa teman yang bilang kalau itu "kuku setan" aneh kan. nggak tau deh itu siapa yang mencetuskan bagian cerita yang nggak bisa dipercaya, tapi pas gue udah gede mungkin otak pun udah ngalir indah kayak air terjun, jadi gue tau apa itu! dan berbahaya atau nggak, kalau waktu itu sih *red : jaman SD* gue sama teman-teman percaya gitu aja *miris.

tapi kalau jaman sekarang gue udah nggak pernah liat yang namanya "kunang-kunang", mungkin udah punah kali yak, kadang kasian sama anak-anak jaman sekarang, kenapa? karena mereka nggak bisa ngeliat binatang yang punya keelokan tersendiri dan punya ciri khas yang menurut gue unik. tapi entahlah. mungkin zaman udah tua, ditambah kerusakan alam yang dibuat sama yang nunggu alias manusia yang bisanya cuman ngerusak alam, tapi nggak bisa buat ngejaga alam yang udah ada. fenomenanya memang kayak gitu alam yang ada buat ngerusaknya cepat tapi buat kembaliin ke keaadaan semula susah dan butuh waktu yang sangat lama. sayangkan, anak cucu kita besok cuman bisa ngedengar cerita. Tapi buat ngelihat yang nyatanya mereka nggak bisa.

*note : alam itu indah dan ketika indah jangan lah sekali-kali untuk merusaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar